Putri Rizieq dan 178 Pelajar Berhasil Menyeberang ke Oman

publicanews - berita politik & hukumSebanyak 178 pelajar Indonesia menyeberang dari Oman ke Yaman. (Foto: Kemlu)
PUBLICANEWS, Jakarta - Kementerian Luar Negeri memfasilitasi penyebarangan rombongan pelajar dari Oman ke Yaman. Sebelumnya, para pelajar ini terkatung-katung di Salalah, Oman.

"Mereka mulai bergerak dari Salalah, Oman, pada Rabu (10/10) pukul 03.00 waktu setempat menuju perbatasan Oman-Yaman," sebagaimana tertulis dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri, Kamis (11/10).

Rombongan pelajar itu menggunakan 4 bus didampingi staf KBRI San'a di Salalah dan KBRI Muscat. Jumlah yang menyeberang sebanyak 178 orang, termasuk 38 perempuan dan 1 bayi. Putri Imam Besar FPI Rizieq Syihab termasuk di dalamnya.

Kemlu sebelumnya menyatakan, otoritas Oman melarang rombongan pelajar itu menyeberang ke Yaman. Namun, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) mengklaim Oman tidak melakukan pelarangan tetapi membutuhkan surat rekomendasi dari KBRI.

Juru Bicara FPI Slamet Maarif menyatakan, Rizieq berterima kasih ke KBRI Oman yang telah mengusahakan agar para pelajar ini bisa menyeberang dari Oman ke Yaman.

"Habib Rizieq juga berterima kasih kepada KBRI Oman yang akhirnya membantu setelah perdebatan panjang dan alot," ujar Slamet, Kamis pagi.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Lalu Muhamad Iqbal mengatakan, izin masuk ke Yaman hanya untuk rombongan pelajar yang sudah terlanjur berada di Salalah, Oman.

"Untuk kedepannya akan kita bahas kembali dengan otoritas Oman," kata Lalu yang diutus Menlu Retno Marsudi untuk membicarakan dengan otoritas Oman. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top