Terungkap Wanita Penjual TKW Indonesia di Singapura

publicanews - berita politik & hukumAkun pengguna Carousell @maid.recruitment menampilkan wajah beberapa pekerja ndonesia. (Foto: Straits Times)
PUBLICANEWS, Jakarta - Singapura memastikan telah mengamankan pelaku penjual TKW secara online lewat situs jual beli Carousell. Penawaran itu dilakukan melalui akun maid.recruitment dengan memajang beberapa foto wanita pekerja asal Indonesia.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu Lalu Muhamad mengatakan, pelaku adalah warga Singapura bernama Erlena binti Mohammad Ali (41). Ia melakukan penawaran online tersebut pada 1 September hingga 17 September 2018

"Erlena diancam dengan denda 5000 dolar Singapura atau hukuman kurungan 6 bulan atau keduanya," kata Lalu, Sabtu (6/10).

Selain itu izin usaha penyalur tenaga kerja yang dimiliki Erlena dicabut oleh Pemerintah Singapura. Pelaku juga masuk daftar hitam, baik bagi pemerintah Singapura ataupun Indonesia.

Kasus penjualan TKW di Carousell ini mencuat setelah dimuat di media Singapura Strait Times, September lalu. Pengguna jejaring Carousell dengan akun @maid.recruitment memajang beberapa foto wanita pekerja.

Pemilik akun menuliskan: "Indonesian Maid", ada yang dilabeli "ex abroad" yang berarti berpengalaman dan "fresh" atau yang belum berpengalaman. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top