Indonesia Beri Beasiswa 27 Warga Mesir

publicanews - berita politik & hukumDubes RI untuk Mesir Helmy Fauzi (kiri) menyerahkan simbolik beasiswa kepada 27 WN Mesir untuk belajar di Indonesia, Kamis (9/8) waktu setempat. (Foto: KBRI Mesir)
PUBLICANEWS, Kairo - Pemerintah Indonesia memberikan Beasiswa Darmasiswa kepada sedikitnya 27 warga Mesir. Sebagian besar mereka akan mempelajari bahasa dan budaya Indonesia selama setahun.

Ketika berada di Indonesia nanti, ke-27 mahasiswa Mesir tersebut akan disebar ke sejumlah kampus yang masuk dalam daftar perguruan tinggi Beasiswa Darmasiswa. Sebanyak 6 dari 27 mahasiswa itu orang menempuh studi S2 di universitas ternama di Indonesia.

Keenam orang tersebut mendapatkan beasiswa penuh selama 3 tahun. Mereka merupakan peraih Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB).

Dubes RI untuk Mesir Helmy Fauzi mengatakan, selain 27 orang ini masih ada 2 WN Mesir lainnya yang juga akan ke Jakarta untuk 10 hari. "Mereka adalah juara satu Lomba Pidato dan Lomba Bercerita dalam Bahasa Indonesia bagi penutur asing," ujar Helmy dalam rilis yang diterima Publicanews, Jumat (10/8) siang.

Perlombaan diselenggarakan KBRI beberapa waktu lalu. Khusus bagi pemenang lomba, mereka akan berkesempatan mengikuti peringatan Detik-detik Proklamasi pada 17 Agustus di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Setelah itu, mereka akan berkeliling Sumatera Barat untuk mengenal salah satu budaya tradisional Indonesia, terutama Suku Minang," Helmy menambahkan.

Kedubes Mesir menggelar acara Pelepasan dan Pembekalan pada peraih beasiswa dan pemenang lomba ini pada Kamis (9/8) kemarin. Dubes Helmy Fauzi berharap mereka dapat mempelajari lebih jauh budaya Nusantara.

"Semoga setelah pulang nanti, kalian dapat menjadi duta Indonesia di Mesir yang semakin mempererat hubungan Indonesia dan Mesir," katanya. "Pengalaman yang baik selama di Indonesia harus makin sering diceritakan agar kian banyak warga Mesir yang tertarik mempelajari Indonesia," Helmy menambahkan.

Salah seorang penerima beasiswa Rania mengaku gembira akan ke Indonesia, ia diterima di Universitas Negeri Malang, Jawa Timur. "Ini adalah impian saya sejak lama," ujar Rania. (oca/*)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top