Pria 41 Tahun Nikahi Bocah 11 Tahun Bikin Geger Malaysia

publicanews - berita politik & hukumChe Abdul Karim (41) dan pengantinnya yang berusia 11 tahun. (Foto: Sultan Melaka/Facebook)
PUBLICANEWS, Kelantan - Che Abdul Karim Che Abdul Hamid (41) tak peduli denda 1.800 Ringgit oleh Pengadilan Syariah Kelantan karena menikahi bocah 11 tahun. Ia tetap meneruskan perkawinannya dengan wanita asal Thailand tersebut.

Juragan karet nan tajir di desa perbatasan dengan Thailand itu mengatakan, pernikahannya dengan Ayu bukan karena nafsu. "Saya mengenal Ayu sejak usia 7 tahun, kami bertetangga. Saya mengajarinya baca Alquran," kata Che Abdul, seperti dikutip laman Berita Harian, Selasa (17/7).

Pengadilan Syariah menyidangkan pernikahan beda usia ini pada 1 Juli 2018. Che Abdul terancam hukuman 6 bulan kurungan. Namun, Hakim Mohd Surbaineey hanya menjatuhkan denda sekitar Rp 6,4 juta.

Surbaineey tak menghukum badan karena Che Abdul berjanji baru akan tinggal serumah dengan Ayu lima tahun lagi.

Menurut undang-undang perkawinan Malaysia, usai pernikahan bagi wanita adalah 18 tahun. Namun jika orangtua mengizinkan dan ada restu dari Dewan Agama, boleh menikah siri dulu dan baru bisa tinggal serumah saat pengantin wanita berumur 16 tahun.

Vonis tersebut mengundang perhatian media-media asing. LSM 'Sisters in Islam' meminta warga Malaysia untuk tidak memaafkan pernikahan anak di bawah umur. "Jangan menggunakan dalih agama untuk membenarkan pernikahan anak di bawah umur," ujar pernyataan mereka.

Pemerintah Malaysia pun turun tangan. Wakil PM Wan Azizah Ismail memerintahkan pihak berwenang menyelidiki apakah orangtua pengantin wanita memberi izin.

Kepada Borneo Post, Che Abdul mengatakan bahwa apa yang ia lakukan sudah jamak di desanya. Tetangganya memberi restu saat ia menunjukkan fotonya bersama Ayu tengah berdoa di Mekkah.

Orang luar yang mengecam, kata Che Abdul, tidak mengenal kehidupan desa dan keluarganya. "Berhentilah menghina kami. Saya berjanji akan memberi Ayu kehidupan yang lebih baik, itulah alasan saya menikahinya," ujarnya.

Sekadar diketahui, Che Abdul sudah punya dua isteri dan 6 anak berusia antara 5 hingga 18 tahun. Adapun Ayu berasal dari keluarga miskin di Desa Nathrawat, Thailand. Ia tidak sekolah, kecuali mengaji pada Che Abdul.

Che Abdul sudah menyampaikan pada kedua istrinya, namun belum memperkenalkan Ayu kepada mereka. Ia menunggu waktu yang tepat. Istri keduanya sudah memposting di media sosial, ia keberatan suaminya menikah dengan anak bau kencur. (oca)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top