Pria Berdarah Jawa Pimpin Oposisi Malaysia

publicanews - berita politik & hukumPresiden UMNO Ahmad Zahid Hamid. (Foto: The Star)
PUBLICANEWS, Kualalumpur - Karir politik Ahmad Zahid Hamid makin moncer. Ia tidak hanya menggantikan Presiden Partai UMNO Najib Rajak, tetapi juga ditunjuk sebagai pemimpin oposisi Malaysia di parlemen.

Sekretaris Jenderal UMNO Tan Sri Annuar Musa, seperti dilansir The Star, membenarkan penunjukan pria berdarah Jawa itu. "Ya, dia akan menjadi pemimpin Oposisi," kata Annuar Musa, Senin (16/7).

Ahmad akan memimpin Koalisi Barisan Nasional yang pada Pemilu Mei lalu mendapat 79 kursi, sebanyak 57 kursi diantaranya dari UMNO. Sisanya hasil suara Partai Konggres India se-Malaysia dan Partai Persatuan China Malaysia.

Koalisi yang dipimpin Ahmad akan berhadapan dengan pemerintah yang dipimpin Perdana Menteri Mahathir Mohammad dengan sokongan Koalisi Pekatan Harapan.

Ahmad diketahui berdarah Jawa meski terlahir di Batok, negara bagian Perak, 65 tahun lalu. Ayahnya Raden Hamidi Abdul Fatah merupakan migran dari Wates, Kulonprogo, Yogyakarta, yang menikah dengan Tuminah Abdul Jalil asal Ponorogo, Jawa Timur. Ahmad masih sepupu dengan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Ahmad saat menjabat Ketua Pergerakan Pemuda UMNO pernah ditahan karena menyokong kegiatan reformasi yang dijalankan mantan Wakil Perdana Menteri Anwar Ibrahim.

Ketika UMNO berkuasa, Ahmad pernah menduduki berbagai jabatan penting dan strategis, seperti Deputi PM dan Menteri Dalam Negeri.

Pria berambut perak itu dalam berbagai kesempatan juga fasih berbahasa Jawa. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top