Thailand

Tim 'Celeng' Jadi Tamu Kehormatan Final Piala Dunia

publicanews - berita politik & hukum
PUBLICANEWS, Bangkok - Drama penyelamatan 12 remaja dan satu pelatih yang tersesat di pegunungan pedalaman Thailand berakhir dengan happy ending. Seluruh anggota klub sepakbola Wild Boars alias babi hutan atau celeng tuntas dievakuasi dengan selamat pada Selasa (10/7) sore kemarin.

Ke-13 pemain bola lokal itu terjebak di gua Tham Luang di perbatasan Thailand dan Myanmar. Mereka terjebak sejak 23 Juni 2018 lalu.

Hampir 10 hari mereka tidak ada kabar, sebelum akhirnya sebuah sepeda ditemukan di mulut gua sekaligus titik terang terang penemuan tim 'celeng' ini.

Hilangnya mereka diwarnai cerita mistis berdasar legenda turun-menurun yang menyebut gua tersebut merupakan rumah raksasa iblis yaksha yang tetap berkuasa dari dalam gua.

Mitos yang lain menyebutkan, gua di perbatasan Thailand-Burma itu merupakan istana putri raja yang bunuh diri karena cintanya pada rakyat jelata ditentang. Tubuhnya menjadi gunung dan alat kelaminnya menjadi gua.

Di luar mitos, merupakan suatu hal ajaib mereka bisa bertahan di ruang gelap dalam lubang gua yang sempit dan dipenuhi derasnya air.

Kepastian mereka di dalam gua terkuak setelah seorang penyelam Inggris berhasil menembus kedalaman 4 kilometer dari mulut gua.

Upaya penyelamatan dilakukan dengan melibatkan penyelam terbaik dari militer angkatan laut dari Eropa dan Australia. Bahkan bos besar Tesla, Elon Musk, ikut terlibat dalam proses evakuasi itu.

Minimnya oksigen dan curamnya lubang gua bahkan memakan korban, seorang penyelam tewas pada Jumat (6/7) lalu.

Upaya membawa keluar remaja 11 hingga 16 tahun itu dimulai pada Minggu (8/7) secara bertahap. Evakuasi tuntas pada Selasa kemarin, ketika sang asisten pelatih berusia 25 tahun keluar terakhir dari gua.

Kisah heroik ini menyita perhatian dunia. Dikutip dari The Star Online, Rabu (11/7), tim ini kemudian mendapat undangan Presiden FIFA Gianni Infantino untuk menghadiri final Piala Dunia pada Minggu (15/7) nanti.

Manchester United juga mengundang tim 'celeng'. "Kami ingin menyambut tim dari Wild Boars Football Club dan penyelamat mereka ke Old Trafford musim mendatang ini," akun Twitter resmi MU mencuit.

Ke-12 remaja dan para pelatih dinyatakan dalam kondisi sehat pasca evakuasi. Hanya butuh istirahat untuk mengembalikan stamina sebelum kemudian para 'celeng' ini kembali bisa berlatih di kawasan Thailand Utara. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top