Raja Malaysia Bebaskan Anwar Ibrahim

publicanews - berita politik & hukumAnwar Ibrahim saat keluar dari RS Rehabilitasi Cheras, Kuala Lumpur, Rabu (16/5). (Foto: CNN)
PUBLICANEWS, Kualalumpur - Mantan Wakil Perdana Menteri Malayasia Anwar Ibrahim sudah dibebaskan dari penjara pada Rabu (16/5) ini. Yang Dipertuan Agung Muhamman V memberikan pengampunan penuh pada Anwar yang dihukum karena tuduhan sodomi.

Saat keluar dari RS Rehabilitasi Cheras, Kuala Lumpur, tempatnya menjalani operasi bahu, pria 70 tahun itu mengacungkan ibu jari sambil tersenyum meski tidak bersedia memberi komentar.

Anwar harus menjalani dua masa penahanan di era PM Mahathir Muhammad maupun saat di bawah kekuasaan Najib Razak pada 2015.

Mahathir memenjarakan Anwar setelah memecatnya sebagai Wakil Perdana Menteri dengan tuduhan korupsi dan kasus sodomi.

Setelah bebas pada 2004, Anwar mulai kencang menyuarakan reformasi dengan mendirikan Pakatan Harapan yang kemudian berkoalisi dalam Pakatan Rakyat. Partai ini berhasil memberikan pukulan telak kepada partai penguasa Barisan Nasional pada pemilu 2008 dan 2013.

Meski harus berhadapan dengan tuduhan tindak asusila sodomi dan kembali dipenjarakan sejak 2015, namun Anwar tetap menggelorakan reformasi di negeri jiran. Selama di penjara kepemimpinan partai dialihkan kepada istrinya Wan Azizah Wan Ismail yang kini menjadi Wakil PM.

Partai ini kemudian melakukan rujuk dengan Mahathir untuk berhadapan dengan Najib. Dalam pemilu pekan lalu Pakatan Harapan memenangkan 113 dari 222 kursi parlemen dan mengantarkan kemabali Mahathir sebagai perdana menteri di usia 92 tahun.

Koalisi Pakatan telah menbuat kesepakatan dengan PM Mahathir Mohamad, bahwa ia akan menyerahkan jabatan kepada Anwar dalam dua tahun ke depan. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top