Praperadilan

KPK Siap Hadapi Gugatan eks Bupati Talaud

publicanews - berita politik & hukumEks Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Manalip. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - KPK menyatakan siap menghadapi gugatan praperadilan yang dilayangkan eks Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Manalip. Mantan bupati di Sulawesi Utara itu menggugat penetapannya sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi Rp 9,5 miliar yang dikutip dari uang proyek.

"Kami yakin bahwa seluruh proses penyidikan, penangkapan maupun penahanan yang kami lakukan terhadap yang bersangkutan telah sesuai mekanisme aturan hukum yang berlaku," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam rilisnya, Kamis (6/5).

Sampai sejauh ini KPK belum menerima pemberitahuan soal prapereradilan tersebut. KPK melalui Biro Hukum akan segera menyusun jawaban setelah menerima pemberitahuan praperadilan.

"Dan akan menyampaikannya di depan sidang permohonan praperadilan dimaksud," Ali menjelaskan.

Kasus ini merupakan pengembangan tindak pidana suap dalam lelang revitalisasi Pasar Lirung dan Pasar Beo tahun 2019. Dalam kasus tersebut Sri baru dinyatakan bebas menjalani hukuman 2 tahun di Lapas Wanita Tangerang. Ia mendekam di sana pada 26 Oktober 2020.

Dalam kasus suap, hakim Pengadilan Tipikor menyatakan Sri Wahyumi terbukti menerima suap dari pengusaha Bernard Hanafi Kalalo. Awalnya Sri dihukum 4,5 tahun penjara, tapi kemudian dipangkas Mahkamah Agung (MA) menjadi 2 tahun penjara usai peninjauan kembali dikabulkan. (han)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Cewek Kepo @ceweKepo10 Mei 2021 | 04:41:29

    Adepin aja apak bapak kpk. Siapa takut.

Back to Top