Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Bantah Pernah Komunikasi dengan Walkot Syahrial

publicanews - berita politik & hukumWakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar memberikan klarifikasi soal kabar pernah berkomunikasi dengan tersangka M Syahrial, Jumat (30/4). (Foto: Youtube KPK)
PUBLICANEWS, Jakarta - Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar mengklarifikasi kabar seolah ia menjalin komunikasi dengan Walikota Tanjungbalai M. Syahrial dalam perkara yang tengah disidik. Ia menegaskan tidak pernah melakukannya.

"Apalagi membantu dalam penanganan perkara yang sedang ditangani oleh KPK," ujar Lili dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (30/4).

Lili menyadari bahwa sebagai insan KPK tentu terikat dengan kode etik dan peraturan yang melarang untuk berhubungan dengan pihak-pihak yang sedang berperkara. Namun sebagai pimpinan KPK ia tidak bisa menghindari komunikasi dengan kepala daerah.

"Dan komunikasi yang terjalin tentu saja terkait dengan tugas KPK dalam melakukan pencegahan supaya tidak terjadi tindak pidana korupsi," Lili menjelaskan.

Terlebih, ia menambahkan, sebelum menjadi pimpinan KPK, ia juga pejabat publik (Komisioner LPSK) yang membuatnya memiliki jaringan yang cukup luas. Hubungan silaturahmi itu tetap terjalin tetapi dengan batasan-batasan yang ditentukan oleh aturan.

Ia pun kerap mengingatkan pejabat publik untuk menghindari korupsi.

"Dan saya juga selalu menjaga selektivitas untuk berkomunikasi, menjaga harkat dan martabat diri saya sebagai insan KPK maupun sebagai marwah lembaga KPK," katanya.

Ia pun memastikan KPK tegas untuk memproses perkara dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh Syahrial hingga penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju. Baik untuk pelanggaran etik maupun kasus pidananya.

"Jika ada pihak-pihak yang mencoba mengintervensi sebagaimana kami telah buktikan maka kami juga akan proses dengan tegas," Lili menandaskan. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top