Ini Nama-nama yang Kecipratan Suap Bansos, Termasuk Cita Citata

publicanews - berita politik & hukumCita Citata. (Foto: Instagram/Cita_citata)
PUBLICANEWS, Jakarta - Jaksa KPK membeberkan sejumlah pihak yang kecipratan duit suap pengadaan bantuan sosial Covid-19 Kementerian Sosial. Antara lain, membayar event organizer yang mendatangkan pedangdut Cita Citata sebesar Rp 150 juta.

Hal tersebut terungkap dalam sidang pembacaan surat dakwaan eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara di Pengadilan Tipkor Jakarta, Rabu (21/4). Uang untuk membayar Cita Citata dari fee yang diberikan oleh vendor penyedia paket sembako bansos Covid-19. Penggunaan uang suap oleh PPK Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso tersebut sepengetahuan Juliari

"Pembayaran kepada EO untuk honor artis Cita Citata dalam acara Makan Malam dan Silaturahmi Kementerian Sosial di Ayana Komodo Resort, Labuan Bajo, tanggal 27 November 2020 sebesar Rp 150 juta," ujar jaksa membacakan surat dakwaan, Rabu (21/4).

Lalu ada nama pengacara kondang Hotma Sitompoel. Pada sekitar Juli 2020, Matheus dan Adi Wahyono menyerahkan Rp 3 miliar sebagai biaya pengacara yang menangani kasus kekerasan anak. Kemudian Sekjen Kemensos Hartono kecipratan Rp 200 juta.

Dirjen Perilindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazarudin mendapat Rp 1 miliar, Adi Wahyono dan Matheus masing-masing juga Rp 1 miliar. Kemudian Amin Raharjo Rp 150 juta, Rizky Maulana Rp 175 juta, dan Robin Saputra Rp 200 juta.

Selanjutnya Rp175 juta mengalir ke Iskandar Zulkarnaen, Firmansyah sebesar Rp 175 juta, Yoki Rp 175 juta, dan Rosehan Ansyari atau Reihan Rp 150 juta

Jaksa mendakwa Juliari menerima Rp 32,48 miliar dari sejumlah vendor melalui Adi dan Matheus. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top