Merintangi Penyidikan

Advokat Lucas Dicekal Untuk Penyidikan Dugaan TPPU Nurhadi

publicanews - berita politik & hukumAdvokat Lucas saat masih menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - KPK mencegah keluar negeri advokat Lucas yang baru saja dinyatakan bebas dari hukuman dalam sidang Peninjauan Kembali (PK) di Mahkamah Agung. Lucas semula dinyatakan bersalah oleh pengadilan tingkat sebelumnya dalam kasus menghalang-halangi penyidikan KPK terhadap mantan petinggi Lippo Group Eddy Sindoro.

Penyidik KPK kemudian memperkarakan kembali Lucas untuk kasus tindak pidana pencucian uang atau TPPU berkaitan dengan pengurusan perkara yang menjerat eks Sekretaris MA Nurhadi.

"Informasi yang kami terima benar. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mendukung proses penyidikan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Senin (19/4).

Ali menjelaskan, KPK telah mengirimkan surat pencekalan Lucas ke Ditjen Imigrasi Kemenkumham terhitung sejak 8 April lalu dan berlaku hingga 6 bulan ke depan.

KPK, Ali menambahkan, berharap Lucas kooperatif memenuhi panggilan penyidik KPK. "Pencegahan ke luar negeri ini tentu dalam rangka kepentingan pemeriksaan, agar pada saat diperlukan untuk dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan pihak tersebut tetap berada di wilayah Indonesia dan kooperatif hadir memenuhi panggilan penyidik KPK," ujarnya. (han)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah21 April 2021 | 00:49:22

    Selicin licinnya ular,bisa juga terjerat. Yang benar harus terungkap.

Back to Top