Korupsi Bansos Covid-19

Bupati Aa Umbara dan Anaknya Dipanggil KPK, Langsung Ditahan?

publicanews - berita politik & hukumBupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. (Foto: Twitter)
PUBLICANEWS, Jakarta - KPK memanggil Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna bersama anaknya Andri Wibawa. Keduanya adalah tersangka dalam perkara dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat Covid 19 pada Dinas Sosial Pemkab Bandung Barat Tahun 2020.

"Hari ini pemeriksaan di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi, Jalan Kuningan Persada Kav.4, Setiabudi, Jakarta Selatan," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam rilisnya, Jumat (9/4).

Pada Kamis (1/4) pekan lalu, KPK menetapkan Aa Umbara, Andri Wibawa, dan M. Totoh Gunawan sebagai tersabtka. Hanya Totoh, pemilik PT Jagat Dir Gantara (JDG) dan CV Sentral Sayuran Garden City Lembang (SSGCL), yang kemudian langsung ditahan.

Aa Umbara dan Andri Wibawa tidak datang dengan alasan sakit. Sangat mungkin seusai pemeriksaan hari ini bapak-anak tersebut kena 'Jumat Keramat', langsung ditahan. Namun belum ada konfirmasi dari KPK soal ini.

KPK menjerat Aa Umbara dengan Pasal 12 huruf i dan atau Pasal 15 dan Pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo Pasal 56 KUHP.

Sedangkan Andri dan Totoh disangkakan melanggar Pasal 12 huruf i dan atau Pasal 15 UU yang sama jo pasal 55 ayat (1) ke-1 jo pasal 56 KUHP. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top