MAKI Gugat Lima Kasus Mangkrak di KPK ke Praperadilan

publicanews - berita politik & hukumKoordinator MAKI Boyamin Saiman. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) mengajukan gugatan praperadilan atas mangkraknya lima kasus yang ditangani KPK. Pengajuan gugatan dilakukan di PN Jakarta Selatan, Senin (5/4) pukul 10.00 WIB.

Adapun lima kasus tersebut yakni megakorupsi proyek KTP elektronik di Kemendagri, Bank Century, pengadaan Helikopter AW 101, gratifikasi eks Bupati Malang Rendra Kresna, dan suap pengadaan bansos Covid-19 di Kemensos.

"Kelima gugatan praperadilan ini diajukan sebagai upaya untuk mengembalikan Indek Persepsi Anti Korupsi (IPK) yang menurun tahun 2020 di angka 37 dari sebelumnya angka 40," ujar Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/4).

Menurut Boyamin, penyumbang terbesar turunnya IPK antara lain karena isu revisi UU KPK, kontroversi pimpinan KPK periode Firli Bahuri serta banyaknya perkara mangkrak di KPK.

"Sehingga salah satu upaya menaikkan IPK adalah dengan cara mengajukan gugatan praperadilan untuk mengurangi dan mencegah perkara mangkrak di KPK," kata Boyamin.

Ia mengajak masyarakat untuk mengawal proses persidangan ini. "Untuk mengetahui jawaban KPK atas perkara-perkara mangkrak tersebut diatas," ujarnya. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top