Korupsi Bansos Covid-19

KPK Konfirmasi Politikus PAN Yandri Soal Minta Jatah Bansos

publicanews - berita politik & hukumPlt Jubir KPK Ali Fikri. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pemeriksaan penyidik KPK terhadap Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto ternyata untuk mengkonfirmasi dugaan ia meminta jatah pengadaan paket bansos Covid-19. Penyidik menduga Yandri mendapatkan jatah tersebut lewat Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemensos Adi Wahyono.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu hari ini dimintai keterangan untuk tersangka mantan PPK Kemensos lainnya, Matheus Joko Santoso.

"Kepada saksi terkait dugaan adanya kuota paket bansos yang diberikan tersangka AW kepada saksi," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam rilisnya, Selasa (30/3) malam.

Namun, Ali tidak dapat menjelaskan lebih rinci mengenai materi pemeriksaan terhadap Yandri, termasuk jumlah paket bansos yang didapat Yandri dan perusahaan yang menggarap kuota tersebut. Seluruh keterangan Yandri, ia menambahkan; tertuang dalam berkas acara pemeriksaan (BAP) dan akan dibeberkan dalam proses persidangan nanti.

"Ketika persidangan tentu seluruh hasil penyidikan ini akan dibuka dalam rangka pembuktian surat dakwaan," kata Ali.

Effendi Gazali Diduga Rekomendasikan Vendor Bansos

Selain soal kuota bansos, tim penyidik juga mencecar Yandri mengenai tugas pokok fungsi Komisi VIII sebagai mitra kerja Kemensos.

Seusai diperiksa tadi, Yandri menolak menjawab pertanyaan media soal kabar ia menyodorkan PT Total Abadi Solusindo untuk mendapatkan jatah pengadaan paket bansos Covid-19 kepada PPK Matheus. Ia hanya menjelaskan disodori tujuh hingga delapan pertanyaan oleh penyidik.

"Materi yang ditanya ke saya, semua sudah saya sampaikan ke penyidik. Silakan tanya ke penyidik. Itu materi penyidikan," ujarnya.

Dalam perkara ini KPK telah menetapkan lima tersangka. Mereka adalah mantan mensos Juliari Peter Batubara, dua PPK Kemensos Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono, Direktur Utama PT Tigapilar Argo Utama Ardian Iskandar Maddanatja serta pengusaha Harry Van Sidabukke. (han)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Anak Gaul @gakasikah03 April 2021 | 11:50:50

    Bongkar bongkar o bongkar. Kata sebuah lagu 😃😅🤣

Back to Top