Penyidik Limpahkan Berkas Tersangka Abdul Rozak ke Jaksa KPK

publicanews - berita politik & hukumEks anggota DPRD Jabar Abdul Rozak. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Kemarin, tim penyidik KPK telah menyerahkan tersangka dan barang bukti perkara eks anggota DPRD Jawa Barat Abdul Rozak Muslim kepada tim JPU. Rozak adalah tersangka kasus dugaan korupsi bantuan keuangan dari Provinsi Jawa Barat kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu pada 2017-2019.

"Sebelumnya berkas perkara penyidikan dimaksud telah dinyatakan lengkap (P21) oleh Tim JPU," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam rilisnya, Jumat (26/3).

Dengan penyerahan ini maka kewenangan penahanan Rozak dilanjutkan oleh JPU selama 20 hari, terhitung sejak 25 Maret 2021 sampai dengan 13 April 2021. Rozak masih akan ditahan di Rutan KPK cabang Gedung Merah Putih.

"Dalam waktu 14 hari kerja, Tim JPU akan segera menyusun surat dakwaan dan melimpahkan berkas perkaranya ke PN Tipikor," Ali menambahkan. Sidang Rozak bakal dilaksanakan di Pengadilan Tipikor Bandung.

Selama proses penyidikan KPK telah memeriksa 116 saksi, diantaranya PNS Pemkab Indramayu dan unsur swasta.

Kasus ini merupakan pengembangan perkara yang menjerat eks Bupati Indramayu Supendi. Rozak yang merupakan eks anggota DPRD Jabar dari Fraksi Golkar diduga membantu swasta Carsa AS untuk mendapatkan proyek bantuan provinsi senilai Rp 22 miliar.

Rozak menerima fee 5 persen, yakni senilai Rp 8,5 miliar, untuk meloloskan Carsa mendapatkan proyek di Indramayu dan Cirebon, kedua wilayah itu merupakan daerah pemilihan (dapil) politikus Golkar itu. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top