Pengancam Bunuh Mahfud MD Divonis 7 Bulan Penjara

publicanews - berita politik & hukumTerdakwa Aji Dores pengancam bumuh Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Surabaya - Pria pengancam hendak membunuh Menko Polhukam Mahfud MD divonis 7 bulan penjara. Sidang berlangsung di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (25/3).

Terdakwa Aji Dores divonis lebih ringan dari tuntutan jaksa yaitu kurungan 1 tahun. Pertimbangan majelis hakim karena ada surat dari Mahfud. Selain memaafkan, Mahfud juga meminta hukuman terdakwa diringankan.

"Apabila nantinya terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan penuntut umum, maka saya berharap permaafan saya ini bisa dijadikan pertimbangan untuk meringankan hukuman bagi yang bersangkutan,” ujar Mahfud dalam surat yang dibacakan majelis hakim kemarin.

Aji Dores terbukti melakukan hasutan saat ia bersama peserta aksi simpatisan FPI Pamekasan menolak pemenjaraan Rizieq Syihab awal Desember 2020 lalu.

Terdakwa ikut dalam persekusi di rumah ibunda Mahfud. Ia juga melakukan penghasutan dengan meneriakkan ancaman pembunuhan.

Dalam kasus ini, Mahfud tidak melapor ke polisi. Namun, karena sifatnya delik umum, polisi melakukan penyelidikan dan menetapkan Aji Dores sebagai tersangka.

Pengurus FPI Cabang Pamekasan itu kemudian didakwa dengan pasal alternatif yaitu tindak pidana penghasutan Pasal 160 KUHP, Perbuatan tidak menyenangkan (Pasal 335 ayat (1) KUHP, dan Kekarantinaan Kesehatan (Pasal 93 jo 9 UU Nomor 6 Tahun 2018). (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top