Penahanan Tiga Tersangka Kasus PTDI Diperpanjang 40 Hari

publicanews - berita politik & hukumMantan Direktur Produksi PT Dirgantara Indonesdia Arie Wibowo. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Penahanan tiga tersangka kasus dugaan korupsi penjualan dan pemasaran pada PT Dirgantara Indonesia diperpanjang 40 hari.

"Tim penyidik memperpanjang masa penahanan tersangka AW, FSS, dan DL dimulai tanggal 23 November 2020 sampai dengan 1 Januari 2021," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam rilisnya, Senin (23/11) malam.

AW yang dimaksud adalah Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan PTDI 2007-2014 dan Direktur Produksi 2014-2019 Arie Wibowo, kemudian Direktur Utama PT Abadi Sentosa Didi Laksamana, dan Dirut PT Selaras Bangun Usaha Ferry Santosa Subrata.

Saat ini ketiganya mendekam di tahanan yang berbeda. Arie Wibowo di Rutan Polres Metro Jakarta Timur, Didi Laksamana di Rutan Polres Jakarta Pusat, dan Ferry di Rutan Polda Metro Jaya.

"Perpanjangan penahanan dilakukan karena penyidik masih memerlukan waktu untuk melengkapi berkas perkara penyidikan perkara atasnama para tersangka tersebut," Ali menjelaskan.

Dalam perkara ini ketiganya mendapat uang miliaran rupiah. Arie Wibowo menerima imbal balik Rp 9,1 miliar, Didi Laksamana dapat Rp 10,8 miliar, dan Ferry Santosa sebesar Rp 1,9 miliar. Uang tersebut diduga merupakan dana dari hasil pencairan pembayaran pekerjaan mitra penjualan fiktif.

Sebelumnya KPK telah lebih dulu menetapkan tersangka eks Dirut PTDI Budi Santoso, eks Asisten Dirut Bidang Bisnis Pemerintah PTDI Irzal Rinaldi Zaini, dan eks Direktur Aerostructure PTDI Budiman Saleh. Kini keduanya tengah menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top