Bupati Kutim cs Segera Hadapi Meja Hijau

publicanews - berita politik & hukumBupati Kutim Ismunandar dan istrinya Encek Unguria. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - Bupati nonaktif Kutai Timur Ismunandar segera diadili. Penyidik KPK telah merampungkan berkas perkara dugaan suap proyek infrastruktur yang menjeratnya.

Penyidik juga telah melimpahkan berkas empat tersangka lainnya ke penuntut umum. Keempatnya adalah Encek Unguria Riarinda Firgasih, istri Ismunandar sekaligus Ketua DPRD Kutim. Kemudian Kepala Bappeda Musyaffa, Kepala BPKAD Suriansyah, dan Kadis PU Aswandini Eka Tirta.

"Penyidik KPK melaksanakan tahap 2 tersangka IIsmunandar dan kawan-kawan kepada JPU," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/10).

Dua Penyuap Bupati Kutim Segera Disidang

Sidang kelima terdakwa akan berlangsung Pengadilan Tipikor Samarinda. Selama proses penyidikan, KPK telah memeriksa 69 orang saksi, diantaranya para ASN di Pemkab Kutim dan swasta.

KPK menduga kelima tersangka enerima suap dari dua orang rekanan proyek, yakni Aditya Maharani dan Deky Aryanto. Saat melakukan OTT, penyidik menemukan barang bukti uang Rp 170 juta, sejumlah buku tabungan dengan saldo total Rp 4,8 miliar, dan sertifikat deposito senilai Rp 1,2 miliar.

Dalam konstruksi perkara, Ismunandar diduga menerima Rp 2,1 miliar dan Rp 550 juta dari Aditya dan Deky melalui Suriansyah dan Musyaffa. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top