Makelar Tanah RTH Bandung Segera Diadili

publicanews - berita politik & hukumDadang Suganda. (Foto: Istimewa)
PUBLICANEWS, Jakarta - KPK melimpahkan berkas penyidikan kasus dugaan korupsi korupsi dan TPPU pengadaan ruang terbuka hijau (RTH) di Pemkot Bandung Dadang Suganda ke Jaksa Penuntut Umum.

"Hari ini Penyidik KPK melaksanakan tahap II terdakwa Dadang Suganda kepada JPU. Sebelumnya berkas perkara tersangka telah dinyatakan lengkap (P21)," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/10).

Sidang Suganda akan digelar di Pengadilan Tipikor Bandung.

Selama proses penyidikan, KPK telah meriksa 205 saksi, diantaranya Walikota Bandung Oded Mohamad Danial, Dada Rosada, eks Seksa Bandung Edi Siswadi, pengawai Bank BJB, pegawai BRI, pegawai Bank Mandiri, pegawai Bank Bukopin, dan pegawai Bank BCA.

Dadang menjadi makelar tanah untuk RTH berkat kedekatannya dengan Sekretaris Daerah Kota Bandung Edi Siswadi. KPK menduga Edi memerintahkan Kepala Dinas Pengelolaan dan Keuangan Daerah Herry Nurhayat untuk membantu Dadang dalam proses pengadaan tanah tersebut

Dadang kemudian membeli lahan dari sejumlah orang dengan nilai lebih rendah dari NJOP. Pemkot Bandung membayarkan Rp 43,65 miliar pada Dadang, nsmun ia hanya memberikan Rp 13,5 miliar pada pemilik tanah. Sisanya masuk kantung.

Dadang kemudian menyerahkan Rp 10 miliar untuk Edi Siswadi, yang akhirnya digunakan untuk menyuap hakim dalam kasus bansos di Pengadilan Negeri Kota Bandung. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top