Berkas Tiga Anggota DPRD Jambi Sudah P21

publicanews - berita politik & hukumGedung KPK. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Tim penyidik KPK telah menyelesaikan berkas penyidikan tiga tersangka kasus dugaan suap pembahasan RAPBD Provinsi Jambi 2017 dan 2018. Ketiganya adalah eks anggota DPRD Tadjuddin Hasan, Cekman, dan Parlagutan Nasution.

"Hari ini penyidik KPK melaksanakan tahap II (penyerahan tersangka dan barang bukti) Tadjuddin Hasan dan kawan-kawan kepada JPU. Sebelumnya berkas perkara para tersangka telah dinyatakan lengkap (P21)," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/10).

Dalam waktu 14 hari kerja JPU akan melimpahkan berkas perkara ke Pengadilan Tipikor Jambi. Selama proses penyidikan KPK telah memeriksa 79 saksi, diantaranya eks Gubernur Jambi Zumi Zola.

KPK menduga para unsur pimpinan DPRD Jambi meminta, menagih, dan melakukan pertemuan untuk membicarakan 'uang ketok palu'. Masing-masing kemudian mendapat jatah Rp 100 juta-Rp 700 juta per orang.

Para unsur pimpinan fraksi dan Komisi di DPRD Jambi diduga mengumpulkan anggota fraksi untuk menentukan sikap terkait dengan pengesahan RAPBD Jambi.

Jatah fraksi sekitar Rp 400 juta-Rp 700 juta untuk setiap fraksi. Lalu perorangan anggota fraksi mendapatkan Rp100 juta-Rp 200 juta. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top