KPK Setor Rp 1 Miliar Cicilan ke-3 Uang Pengganti Elvin Muchtar

publicanews - berita politik & hukumEks Kabid Pembangunan Jalan dan PPK Pemkab Muara Enim Elvin MZ Muchtar. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - KPK menyetorkan uang dari mantan Kabid Pembangunan Jalan dan PPK Pemkab Muara Enim Elvin MZ Muchtar ke kas negara pada Selasa (22/9) lalu. Elvin merupakan terpidana kasus suap 16 proyek infrastruktur senilai Rp 132 miliar di Muara Enim, Sumatera Selatan.

"Jaksa Eksekusi KPK Andry Prihantono telah melakukan penyetoran uang sejumlah Rp 1 miliar ke kas negara sebagai pembayaran uang pengganti cicilan ketiga," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/9).

Sebelumnya Elvin telah membayar cicilan pertama dan kedua sebesar Rp juta. Adapun keseluruhan uang pengganti yang dibebankan kepadanya sejumlah Rp 2.365.000.000.

"Sehingga tersisa kewajiban uang pengganti Rp 765 juta yang akan terus dilakukan penagihan oleh Jaksa Eksekusi KPK guna memaksimalkan pemasukan kas negara dari hasil pemulihan aset tipikor," ujar Ali.

Dalam perkara ini Elvin divonis 4 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan. Elvin terbukti melakukan perbuatan seperti dalam dakwaan pertama pasal 12 ayat (1) a UU Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top