Suap Proyek PLTU Riau-1

MA Tolak Kasasi KPK dalam Kasus Sofyan Basir

publicanews - berita politik & hukumEks Dirut PLN Sofyan Basir saat masih menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi atas putusan bebas eks Direktur Utama PLN Sofyan Basir, kemarin. Kasasi tersebut diajukan Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam putusannya, MA berpendapat vonis bebas hakim Pengadilan Tipikor Jakarta itu sudah sesuai.

"Permohonan kasasi penuntut umum ditolak, karena menurut Majelis Hakim Kasasi, putusan judex facti Pengadilan Tipikor Jakarta tidak salah dalam menerapkan hukum," ujar Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro saat dikonformasi, Rabu (17/6).

Andi menambahkan, vonis bebas terhadap Sofyan sudah tepat dan benar dalam pertimbangan mengenai penerapan hukum. Saat itu hakim menyatakan Sofyan tidak terbukti terlibat membantu melakukan tindak pidana suap dalam kesepakatan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Riau-1.

"Lagi pula alasan kasasi penuntut umum sudah merupakan fakta dan penilaian hasil pembuktian. Atas dasar dan alasan tersebut Majelis Hakim Kasasi dengan suara bulat menyatakan permohonan kasasi penuntut umum harus ditolak," Andi menjelaskan.

Dalam sidang vonis pada 4 November 2019 lalu, hakim Pengadilan Tipikor Jakarta membebaskan Sofyan Basir dari segala tuntutan dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1. KPK yang tidak puas atas putusan tersebut mengajukan kasasi pada 15 November 2019. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top