KPK Periksa Mantan Kabag Keuangan Kemenag Syaban Muhammad

publicanews - berita politik & hukum
PUBLICANEWS, Jakarta - Mantan Kepala Bagian Keuangan Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama Syaban Muhammad dipanggil KPK dalam penyidikan kasus korupsi pengadaan barang/jasa 2011.

Syaban dijadwalkan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka pejabat pembuat komitmen (PPK) Pendis Undang Sumantri (USM). Selain Syaban, KPK juga memanggil mantan Staf Ditjen Pendis iSyahruzad Syam dan ibu rumah tangga Yamsidar.

"Yang bersangkutan dijadwalkan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka USM," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (20/2).

KPK menduga Undang terlibat dalam korupsi pengadaan peralatan laboratorium komputer untuk MTs serta pengadaan Sistem Komunikasi dan Media Pembelajaran Terintegrasi untuk Jenjang MTs dan MA 2011. Total kerugian negara diduga mencapai Rp 16 miliar.

Dalam perkara ini KPK telah menjerat eks Ketua Komisi VIII Zulkarnaen Djabar dan anaknya Dendy Prasetia. Mereka sudah divonis masing-masing 15 dan 8 tahun penjara pada 2013 lalu.

Sementara Ahmad Jauhari diganjar 10 tahun penjara dan Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Fahd El Fouz bin A Rafiq 4 tahun penjara.

Undang merupakan tersangka kelima yang ditetapkan tersangka pada 16 Desember 2019 lalu.

Undang diduga melanggar Pasal 2 ayat (1) dan/atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top