Eks Dirut PT Inti Darman Mappangara Dituntut 3 Tahun Penjara

publicanews - berita politik & hukumDarman Mappangara. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mantan Direktur Utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Inti) Darman Mappangara dituntut tiga tahun penjara oleh jaksa pentut umum (JPU) KPK. Jaksa meyakini Darman terbukti menyuap pejabat PT Angkasa Pura II untuk mendapat proyek pengerjaan Semi Baggage Handling System (BHS).

"Menyatakan terdakwa Darman Mappangara terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut," kata Jaksa Khaerudin membacakan surat tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (17/2).

Selain pidana tiga tahun, Darman diwajibkan membayar denda Rp 200 juta subsider 5 bulan kurungan.

Dalam tuntutannya itu Jaksa meyakini Darman memberikan suap kepada Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II Andra Yastrialsyah Agussalam sebesar 71 ribu dolar AS dan 96.700 dolar Singapura.

Dalam pertimbangan untuk hal yang memberatkan, Jaksa menyatakan Darman selaku direksi BUMM telah mengabaikan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Bahkan, menyalahgunakan wewenang yang diberikan kepadanya untuk melakukan kejahatan.

"Terdakwa terbukti merupakan pelaku yang aktif dan melibatkan orang lain dalam melakukan kejahatan, terdakwa berusaha menutupi kejahatannya seolah-olah sebagai pembayaran utang piutang. Terdakwa tidak mengakui dan menyesali perbuatannya," Jaksa Khaerudin menjelaskan.

Sementara yang meringankan, Jaksa menyebut Darman belum pernah menjalani hukuman pidana.

Jaksa menuntut Darman dengan pelanggaran Pasal 5 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, Pasal 64 ayat (1) KUHP sebagaimana Dakwaan Alternatif Kedua. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top