Korupsi Pelindo II

Manager Akuntansi Keuangan Pelindo II Diperiksa untuk RJ Lino

publicanews - berita politik & hukumEks Dirut PT Pelindo II RJ Lino sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, 23 Januari 2020. (Foto: Publicanews/.dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Manager Akuntansi Keuangan PT Pelindo II Miftahul Huda diperiksa KPK dalam kasus dugaan korupsi pengadaan tiga quay container crane. Kasus ini menjerat mantan Dirut Pelindo II RJ. Lino.
 
"Akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka RJL," ujar Plt Jubir KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Senin (27/1).

KPK tengah mengebut kasus mangkrak ini agar segera bisa dibawa ke penuntutan. "Karena pada prinsipnya penyidikan sudah berjalan lama dan hasilnya tinggal menunggu perhitungan kerugian negara," kata Ali beberapa waktu lalu.

Lino sendiri telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka pada Kamis (23/1) pekan lalu. Saat itu ia mengaku senang KPK memanggilnya kembali setelah menunggu 4 tahun untuk dimintai keterangan sebagai tersangka. Meski demikian, Lino mengklaim di bawah kepemimpinannya Pelindo II justru untuk triliunan.

Dalam kasus ini KPK menduga Lino memerintahkan pengadaan 3 unit crane dengan menunjuk langsung PT Wuxi Hua Dong Heavy Machinery. Co.Ltd. dari Cina sebagai penyedia barang.

Menurut KPK, ketiga unit derek kontainer tersebut tidak sesuai dengan kondisi infrastruktur pelabuhan di Indonesia. Pembelian terkesan dipaksakan. KPK menilai hal itu sebagai bentuk penyalahgunaan wewenang oleh Lino demi menguntungkan diri sendiri atau orang lain. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top