Komisioner KPU Hasyim Asy'ari Sebut Penetapan Riezky Aprilia Sesuai Ketentuan

publicanews - berita politik & hukumKomisioner KPU Hasyim Asy'ari di Gedung KPK Jakarta, Jumat (24/1). (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisioner KPU Hasyim Asy'ari mengatakan ada sekitar 14 pertanyaan yang diajukan penyidik KPK, sebagaian besar terkait dengan tugas-tugasnya di lembaga pemilu itu.

Hal tersebut diungkapkan Hasyim usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR. Kasus ini turut menjerat koleganya Wahyu Setiawan.

"Yang paling utama soal tugas-tugas saya di KPU. Kemudian soal proses pemilu 2019 khususnya pemilu DPR mulai dari pemungutan suara, penetapan hasil suara, penetapan perolehan kursi, calon terpilih, kemudian proses pergantian antar waktu anggota DPR. Jadi boleh dikatakan semua keterangan tentang proses pemilu 2019 yang ditanyakan kepada saya," ujar Hasyim di Gedung KPK Jakarta, Jumat (24/1).

Lebih lanjut mengenai kasus dugaan suap PAW tersebut, Hasyim menyebut hal tersebut sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku di KPU. Yakni caleg PDIP Riezky Aprilia menjadi pihak yang seharusnya menggantikan posisi Nazaruddin Kiemas yang meninggal dunia, bukan Harun Masiku.

"Kalau sikap KPU sudah jelas sebetulnya dalam mengambil keputusan suratnya juga, surat jawaban KPU sudah jelas setahu saya juga semua anggota paraf draft surat tersebut," ujar Hasyim. (Han)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top