Eksepsi Ditolak, Wawan Tantang Pembuktian Terbalik

publicanews - berita politik & hukumTubagus Chaeri Wardana alias Wawan. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta yang dipimpin Ni Made Sudani menolak nota keberatan atau eksepsi Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan dan tim kuasa hukum.

Hakim memerintahkan sidang perkara dugaan korupsi alat kesehatan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dilanjutkan. Majelis hakim menilai, dakwaan yang disampaikan jaksa KPK terhadap Wawan yang dibacakan pada 31 Oktober 2019 sah menurut hukum.

Menanggapi putusan hakim tersebut, suami dari Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany itu mengatakan akan membuktikan bahwa ada kekeliruan yang dilakukan KPK dalam penyitaan aset-aset yang diduga dari hasil korupsi.

"Siap, ini pembuktian terbalik buat saya, ya saya mesti membuktikan," ujar Wawan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (5/12).

Kuasa hukum Wawan, Maqdir Ismail, akan menghadirkan sejumlah saksi yang menguatkan bahwa dakwaan jaksa keliru. "Kami akan buktikan aset yang disita satu persatu," ujar pengacara senior itu.

Jaksa dalam sidang sebelumnya mendakwa adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah tersebut melakukan korupsi pengadaan alat kesehatan rumah sakit rujukan pada Dinas Kesehatan Provinsi Banten menggunakan APBD 2012 dan APBD-P 2012.

Sedangkan TPPU dilakukan sejak 2005 hingga 2013 mencapai Rp 579,776 miliar. Kemudian pada periode 2010-2019 sebesar Rp 479.045.244.180. Uang tersebut, antara lain, digunakan untuk membiaya pilkada istri dan kakaknya. Sebagian lain, nyiprat ke sejumlah artis. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top