Politikus PAN Chandra Tirta Wijaya dan Istri Dipanggil Untuk Kasus Soetikno Soedarjo

publicanews - berita politik & hukumSoetikno Soedarjo. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mantan anggota DPR Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Chandra Tirta Wijaya diperiksa dalam kasus dugaan korupsi ‎pengadaan pesawat dan mesin pesawat Airbus 330-300 milik PT Garuda Indonesia dari perusahaan mesin raksasa di dunia, Rolls Royce.

Selain Chandra istrinya, R. Emmy Ridarty Sumangkut juga akan diperiksa KPK.

Sedianya, pasutri ini diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Soetikno Soedarjo (SS).

"Yang bersangkutan akan diperiksa untuk tersangka SS," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui pesan singkatnya, Selasa (19/11).

Selain Chandra, KPK juga memanggil dua saksi lainnya yakni, Direktur Utama PT Indonesia Advisory Duta Solusindo, Andri Budhi Setyawan serta pihak swasta, Remmy Ridarty Sumangkut. Keduanya juga akan diperiksa untuk penyidikan Soetikno Soedarjo.

Dalam kasus ini, KPK menduga Emir menerima suap dari Soetikno Soedarjo selaku beneficial owner Connaught International Pte Ltd. sebesar 1,2 juta Euro dan 180 ribu dollar AS.

Emir dan Tikno juga ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU). Dalam kasus TPPU ini, KPK juga menersangkakan Direktur Teknik dan Pengelolaan Armada PT Garuda Indonesia periode 2007-2012 Hadinoto Soedigno.

KPK mendalami kasus TPPU ini setelah menemukan sejumlah dugaan pemberian uang dari Tikno ke Emir dan Hadinoto untuk membayar pembelian aset, antara lain rumah mewah hingga uang di rekening luar negeri. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top