KPK Panggil Eks Wakil Bupati Lamut Sri Widodo

publicanews - berita politik & hukum
PUBLICANEWS, Jakarta - KPK mengagendakan memeriksa mantan Wakil Bupati Lampung Utara (Lamut) Sri Widodo untuk Bupati nonaktif Lampung Tengah (Lamteng) Mustafa. Kasusnya adalah dugaan suap persetujuan pinjaman daerah untuk APBD Lamteng 2018.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk proses penyidikan tersangka MUS (Mustafa)" kata Plh Kepala Biro Humas KPK Chrystelina GS saat dikonfirmasi, Senin (11/11). 

Dalam perkara ini KPK telah menetapkan empat anggota DPRD Lamteng sebegai tersangka. Mereka adalah Zainudin, Bunyana, Raden Zugiri dan Achmad Junaidi.

Keempatnya diduga menerima suap terkait persetujuan pinjaman daerah kepada PT SMI sebesar Rp 300 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan. Kemudian pengesahan APBD-P 2017 dan pengesahan APBD 2018.

Penetapan keempat tersangka ini merupakan pengembangan kasus dugaan suap persetujuan pinjaman daerah untuk APBD 2018 yang menjerat Bupati Lamteng Mustafa. Dalam kasus ini Mustafa telah divonis 3 tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan.

Keempat anggota DPRD disangkakan melanggar Pasal 12 a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, Juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top