Digugat OC Kaligis dalam Kasus Novel Baswedan, Jaksa Agung: Sedang Kita Pelajari

publicanews - berita politik & hukumPengacara OC Kaligis dalam sidang kasus suap Gubernur Sumut di Pengadilan Tipikor Jakarta, November 2015. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Novel Baswedan belakangan mengalami serangan beruntun. Terakhir, Rabu (6/11), pengacara Otto Cornelius Kaligis, terpidana kasus penyuapan hakim Medan, menggugat kasus lawas yang pernah menimpa penyidik KPK itu ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kaligis menggugat Jaksa Agung dan Kejaksaan Negeri Bengkulu karena tidak melaksanakan isi putusan praperadilan PN Bengkulu Nomor 2. Pid. Prabowo/2016/PN.Bgl, tertanggal 31 Maret 2016.

Adapun isi putusan praperadilan itu menyatakan Surat Keputusan Penghentian Perkara (SKPP) Novel Baswedan dalam kasus penganiayaan pencuri sarang burung walet tidak sah. Hakim tunggal Suparman memerintahkan agar kasus itu dilanjutkan ke tahap penuntutan.

Disodori pertanyaan wartawan soal gugatan Kaligis tersebut, Jaksa Agung ST Burhanuddin tak bisa berkomentar banyak. "Sedang kita pelajari," katanya, seusai bertemu pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (8/11).

Novel dituduh melakukan penganiayaan terhadap pencuri sarang burung walet saat menjadi Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Kota Bengkulu pada 2004. Novel kemudian diperkarakan 8 tahun sesudahnya ketika ia tengah menangani perkara korupsi simulator SIM yang menjerat Inspektur Jenderal Djoko Susilo.

Artidjo Alkostar Tak Lagi di MA, OC Kaligis Kembali Ajukan PK

Kasus itu sempat dihentikan atas perintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun mencuat kembali pada 2015 saat Novel kembali menyidik kasus petinggi Polri, yakni rekening gendut calon Kapolri Komjen Budi Gunawan --kini Kepala BIN.

Saat itu kasus Novel sudah dilimpahkan ke PN Bengkulu dan ditetapkan persidangannya pada 16 Februari 2016. Kejaksaan Agung kemudian menerbitkan SKPP pada 22 Februari 2016. Salah satu alasan penerbitan SKPP ialah kurangnya bukti.

Pada Maret 2016, SKPP ini digugat dan dikabulkan praperadilan. Pelaksanaan putusan praperadilan inilah yang digugat oleh OC Kaligis. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top