Segera Hirup Udara Bebas, Sofyan Basir Tunggu Proses Administrasi

publicanews - berita politik & hukumPengacara Soesilo Aribowo di Rutan KPK untuk mengurus pembebasan Sofyan Basir, Senin (4/11) sore. (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir segera menghirup udara bebas. Saat ini kuasa hukumnya tengah mengurus proses administrasi pembebasannya dari Rumah Tahanan (Rutan) Gedung Merah Putih KPK, Senin (4/11).

Sofyan diketahui divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta dalam kasus dugaan membantu kesepakatan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang Riau-1.

Soesilo menjelaskan, petikan putusan hakim sudah ia terima, begitu juga dengan KPK. "Kemudian akan ada jaksa eksekutor di situ untuk mengeksekusi putusan dari majelis itu. Sekarang lagi proses administrasi," kata Soesilo Aribowo di Rutan yang berada di belakang Gedung KPK, kawasan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, itu.

Setelah bebas, Soesilo menambahkan, Sofyan akan beristirahat di rumah dengan keluarga besar yang telah menanti.

Sofyan Basir Diputus Bebas

"Iya, istri dan keluarga sudah menanti. Dia (Sofyan Basir) ingin segera kembali ke rumah, istirahat dulu," ujar Soesilo.

Atas putusan bebas Sofyan Basir, KPK saat ini sedang menyusun strategi. Salah satunya dengan mempertimbangkan mengajukan Kasasi ke Mahkamah Agung. Soesilo pun menyatakan siap untuk menghadapi langkah hukum tersebut.

"Kalau bebas murni, (upaya hukumnya) kasasi. Kita siap saja. Kan kasasi itu bukan soal fakta lagi yang dipersoalkan, tapi penerapan hukumnya," Soesilo menandaskan. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top