Suap Eks Bupati Cirebon, GM Hyundai Henry Jung Diperiksa KPK

publicanews - berita politik & hukumEks Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra dalam mobil tahanan KPK. (Foto: SP)
PUBLICANEWS, Jakarta - General Manager (GM) Hyundai Engineering & Construction (HEC) Herry Jung‎ dimintai keterangan KPK sebagai saksi kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra. KPK telah mencegah Herry ke luar Indonesia.

‎"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi terkait TPPU Sunjaya," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui pesan singkatnya, Selasa (8/10).

Herry dicekal bersama Camat Beber, Cirebon, Rita Susana, sejak 26 April sampai 26 Oktober 2019. KPK sedang mempertimbangkan untuk memperpanjang masa pencegahan keduanya lantaran masa berlakunya hampir habis.

Eks Bupati Cirebon Diduga Mencuci Uang Haram Rp 51 Miliar

KPK menduga HEC menyuap Sunjaya sebesar Rp 6,04 miliar untuk mendapatkan izin pembangunan proyek PLTU-2 Cirebon. Penerimaan ini tidak dilaporkan politikus PDIP itu pada KPK. Begitu pula dengan suap dan gratifikasi lain yang diterima Sunjaya selama menjadi Bupati --total Rp 51 miliar.

Sunjaya diduga mencuci uang hasil suap dan gratifikasi yang kemudian ia belikan ke dalam sejumlah aset dan diatasnamakan pihak lain. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top