Petinggi Hyundai Dicegah KPK Keluar Negeri

publicanews - berita politik & hukum
PUBLICANEWS, Jakarta - Dua orang saksi kasus eks Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra dicegah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ‎untuk bepergian keluar negeri selama enam bulan. Mereka adalah General Manager PT Hyundai Engeneering Construction (HEC) Herry Jung dan Camat Beber, Cirebon, Rita Susana.

Pencegahan keduanya untuk kebutuhan penyidikan kasus dugaan korupsi yang menyeret Sunjaya. KPK telah mengirimkan surat pencegahan tersebut ke Ditjen Imigrasi Kemenkumham.

"Sejak proses hukum di perkara terkait sebelumnya, KPK telah mengirimkan surat ke Ditjen Imigrasi untuk melakukan pelarangan ke luar negeri terhadap 2 orang tersebut," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarief di Gedung KPK Jakarta, Jumat (4/10) malam.

Pencekalan Herry Jung maupun Rita Susana sejak 26 April sampai 26 Oktober 2019. KPK menduga HEC menyuap Sunjaya Rp 6,04 miliar untuk memuluskan perizinan proyek PLTU-2 Cirebon.

Sunjaya adalah terpidana kasus suap dan gratifikasi sejumlah perizinan di Pemerintah Kabupaten Cirebon. Pada kasus tersebut politikus PDIP itu telah divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor Bandung.

Kemarin, KPK juga menetapkan Sunjaya dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang. Ia menyamarkan atau mengalihkan uang hasil suap dan gratifikasinya sebesar Rp 51 miliar. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top