Suap Proyek SPAM

Politikus Dipo Nurhadi Dipanggil untuk Kasus Ayahnya Rizal Djalil

publicanews - berita politik & hukumAnggota IV BPK Rizal Djalil. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Dipo Nurhadi Ilham, anak anggota IV BPK Rizal Djalil, masuk daftar periksa KPK hari ini. Politikus PAN ini bakal dimintai keterangan dalam kasus dugaan suap proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) pada Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR 2019.

Dalam kasus hasil pengembangan perkara lama ini, KPK menetapkan Rizal dan Komisaris Utama PT Minarta Dutahutama Leonardo Jusminarta Prasetyo sebagai tersangka.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, Dipo menjadi saksi untuk berkas Leonardo maupun ayahnya. “Dipo Nurhadi Ilham juga akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka RIZ," ujar Febri saat dikonfirmasi, Kamis (3/10).

Selain Dipo, penyidik KPK juga memanggil Sekretariat Auditor Utama Keuangan Negara (AKN) VII BPK Abdul Haris, Direktur PT Adfinbureau Indonesia Harso Wibowo, dan swasta Columbanus Priaardanto. Tiga saksi ini dimintai keterangan untuk Leonardo, tersangka penyuap Rizal Djalil.

Kasus ini bermula ketika BPK melakukan audit proyek SPAM dan menemukan penyelewengan. Rizal kemudian memberi tahu Direktur SPAM akan ada orang yang menemuinya. Orang tersebut adalah Leonardo.

Perwakilan Rizal datang dan menyampaikan ingin ikut serta dalam proyek SPAM Jaringan Distribusi Utama (JDU) Hongaria dengan pagu anggaran Rp 79,27 miliar. Ringkasnya, Minarta Dutahutama akhirnya mendapatkan proyek tersebut.

Timbal balik dari proyek itu, Leonardo melalui perantara menyerahkan uang 100 ribu dolar Singapura, setara Rp 1 miliar lebih, kepada salah satu keluarga Rizal di parkiran sebuah mal di Jakarta Selatan. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top