Suap Terminasi PKP2B

KPK Panggil Ulang Politikus Golkar Melchias Mekeng

publicanews - berita politik & hukumMelchias Marcus Mekeng. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR Melchias Markus Mekeng kembali dipanggil KPK untuk dimintai keterangan untuk berkas perkara pengusaha batubara Samin Tan. Kasus tersebut adalah suap pengurusan terminasi kontrak Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) PT Asmin Koalindo Tuhup (PT AKT) di Kementerian ESDM.

Pemanggilan ini merupakan penjadwalan ulang karena pada Rabu (11/9) pekan kemarin, Mekeng tidak memenuhi panggilan KPK.

"Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk SMT," ujar Jubir KPK Febri Diansyah, Kamis (19/9)

Samin Tan, pemilik PT Borneo Lumbung Energy and Metal (BLEM), adalah tersangka kasus dugaan memberi hadiah atau janji kepada eks anggota Komisi II DPR Eni Maulani Saragih yang membantunya mengurus PKP2B. AKT adalah anak perusahaan BLEM.

Besok Diperiksa, KPK Cegah Melchias Mekeng Keluar Negeri

AKT dirundung masalah pemutusan PKP2B Generasi 3 di Kalimantan Tengah. Salah satu raja batubara itu kemudian meminta bantuan Eni Saragih. Samin Tan diduga menyuap Eni Rp 5 miliar.

Dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Eni mengatakan membantu Samin Tan atas perintah Mekeng, bosnya di Fraksi Golkar.

Mekeng sendiri telagh dicegah keluar negeri sampai 6 bulan ke depan. KPK melakukannya untuk mempermudah jika sewaktu-waktu politisi asal NTT itu diperlukan keterangannya. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top