MA Tolak Kasasi JPU Soal Hukuman Ahmad Dhani

publicanews - berita politik & hukumAhmad Dhani. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mahkamah Agung (MA) menguatkan putusan pengadilan tingkat banding yang menghukum musisi Ahmad Dhani dengan 1 tahun penjara dalam kasus penyebaran informasi yang menimbulkan kebencian dan permusuhan atas dasar suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

"Alasan kasasi yang diajukan jaksa penuntut umum (JPU) maupun terdakwa tidak dapat dibenarkan karena judex factie tidak salah dalam menerapkan hukum," ujar Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro melalui pesan singkat, Kamis (29/8).

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menghukum pentolan grup musik Dewa itu dengan 1,5 tahun penjara, tetapi Pengadilan Tingga Jakarta menyunatnya menjadi 1 tahun. JPU dalam tuntutannya meminta Dhani dipidana 2,5 tahun.

Dhani dianggap bersalah karena melalui akun Twitter-nya melakukan ujaran kebencian yang menyinggung soal penodaan agama.

"Siapa saja yang dukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya -ADP," cuit suami Mulan Jamella itu ketika terjadi kegaduhan soal penodaan agama yang dituduhkan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Dhani juga divonis satu tahun penjara untuk kasus pencemaran nama baik lewat ujaran 'idiot' yang diketok di PN Surabaya pada 16 Juni 2019 lalu. Namun dalam vonisnya, hakim tidak memerintahkan Dhani langsung ditahan.

Saat ini, Dhani mendekam di Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Politikus Partai Gerindra itu diinapkan di sel bersama napi tua. Sebelumnya, Dhani kerap sakit karena mengalami gangguan asma akibat banyak napi yang merokok. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top