Suap Dana Otsus Aceh

Hukuman Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Diperberat Jadi 8 Tahun

publicanews - berita politik & hukumGubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf saat menjalani sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, 25 Maret 20129. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Upaya banding Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf terganjal. Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta malah memperberat hukuman Irwandi menjadi 8 tahun, termasuk melipatkan masa pencabutan hak politik menjadi 5 tahun.

Dikutip dari website MA, Rabu (14/8), tiga hakim PT Jakarta menetapkan Ketua Umum Partai Nanggroe Aceh itu terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi, menerima suap, dan gratifikasi bersama-sama secara berlanjut.

Hakim Ketua Ester Siregar dengan anggota Anthon R. Saragih dan Jeldi Ramadhan juga menyebutkan penerimaan grafitifikasi terjadi berulang kali sesuai dakwaan Penuntut Umum dalam Dakwaan Kesatu Pertama dan Dakwaan Kedua.

"Mengubah putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 97/Pid.Sus-TPK/2018/PN.Jkt.Pst tanggal 8 April 2019 yang dimintakan banding tersebut sekedar mengenai pidana yang dijatuhkan kepada Terdakwa," begitu putusan majelis tinggi.

Irwandi juga diwajibakan membayar denda Rp 300 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan.

Putusan PT Jakarta itu mengubah hukuman Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta yang menjatuhkan hukuman 7 tahun penjara dan pencabutan hak politik selama 3 tahun. Sebelumnya, vonis Pengadilan Tipikor diketok pada 8 April 2019.

Gubernur Aceh pada 2007-2012 yang kembali terpilih pada 2017 itu terbukti menerima suap Rp 1 miliar dari mantan Bupati Bener Meriah Ahmadi. Uang tersebut diberikan agar Irwandi Yusuf menyetujui program pembangunan dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2018.

Tak hanya itu, mantan pentolan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu menerima gratifikasi secara bertahap melalui Hendri Yuzal dan Teuku Saiful Bahri senilai Rp 8,717 miliar selama ia menjabat sebagai Gubernur Aceh. (feh)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top