OTT KPK

Uang Suap Impor Bawang untuk Anggota DPR yang Tengah di Bali

publicanews - berita politik & hukumWakil Ketua KPK Alexander Marwata. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata memberi sinyal bahwa anggota DPR yang diduga terlibat suap impor bawang putih tengah berada di Bali. Kuat dugaan, wakil rakyat tersebut adalah anggota Komisi VI Fraksi PDI Perjuangan.

"Katanya lagi kongres apa ya di Bali," kata Marwata di Gedung Lemhana, Jakarta Pusat, Kamis (8/8) siang. Ia menjawab pertanyaan wartawan soal siapa anggota DPR yang asistennya diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK pada Rabu (7/8) malam.


Namun Marwata mengelak menjelaskan lebih rinci siapa yang dimaksud. "Detilnya saya engga tahu. Cuma diperkirakan sedang ke Bali. Ke Bali itu apakah itu kongres atau apa itu saya engga ngerti. Baru itu aja, hanya sebatas itu," ia menambahkan.

Saat didesak wartawan apakah ke Bali yang dimaksud adalah mengikuti Kongres V PDIP, Marwata enggan mengkonfirmasi. "Bisa saja dari Partai Golkar ke Bali, piknik. Yang jelaskan di Bali ada kongres PDIP. Apakah ada kaitannya enggak disebutkan," ujar Marwata.

Marwata menjelaskan, dari 11 orang yang diamankan dan saat ini tengah diperiksa di Gedeung KPK, ada satu anggota DPR yang belum diperiksa. Orang tersebut sedang berada di Bali. KPK saat ini sudah mengirimkan orang ke Pulau Dewata untuk mengejar sang legislator.

"Ada tim yang ke sana, kita lihat siapa sih pelaku utama," katanya.

Selain mengamankan 11 orang, KPK juga menyita bukti awal transfer uang senilai Rp 2 miliar. Menurut Ketua KPK Agus Rahardjo, ada pula uang dalam pecahan dolar AS yang disita dari orang kepercayaan anggota DPR tersebut.

"Diduga uang untuk anggota DPR," katanya.(han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top