Tersangka Baru Kasus Korupsi e-KTP Diumumkan Pekan Depan

publicanews - berita politik & hukumWakil Ketua KPK Laode M Syarif menjawab pertanyaan wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/8) malam. (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Tersangka baru kasus dugaan korupsi KTP elektronik akan segera diumumkan komisi antirasuah. Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan, pengumuman dilakukan pekan depan.

"Untuk KTP-e ini mungkin akan diumumkan Senin atau Selasa," kata Laode di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/8). Ia masih menutup rapat identitas calon tersangka baru itu. "Nanti juga diumumkan," ia menambahkan.

Sebelumnya Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut tersangka baru itu berasal dari unsur birokrat dan swasta.  "Ada birokrasi dan ada swasta," kata Alex, Rabu (31/7) lalu.

Kasus rasuah yang merugikan negara Rp 2,3 triliun --dari total anggaran Rp 5,9 triliun-- ini telah menjerat delapan orang. Mereka dari unsur birokrat di Kemendagri, pejabat DPR, dan pengusaha. Begitu besarnya anggaran yang dijadikan bancakan sehingga layak disebut sebagai megakorupsi.

Mereka yang sudah dijerat KPK itu adalah dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto yang masing-masing divonis 15 tahun penjara. Kemudian Ketua DPR Setya Novanto yang juga 15 tahun penjara, serta pengusaha Andi Narogong 13 tahun penjara dan Anang Sugiana Sudihardjo seberat 6 tahun penjara. Sedangkan Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Massagung masing-masing 10 tahun penjara. 

Terbaru, KPK baru saja melimpahkan berkas anggota DPR Markus Nari. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top