Suap Pengurusan DAK

KPK Tahan Anggota DPR Sukiman

publicanews - berita politik & hukumAnggota DPR Fraksi PAN Sukiman resmi ditahan seusai pemeriksaannya di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (1/8) petang. (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Bolak-balik memeriksanya sebagai tersangka, KPK akhirnya menahan anggota Komisi XI DPR Sukiman. Ia merupakan tersangka kasus dugaan mafia pengurusan Dana Perimbangan. Dalam hal ini politikus Fraksi PAN itu menerima suap pengurusan APBNP 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.

Sukiman keluar dari dalam lobi Gedung KPK sudah dengan mengenakan rompi tahanan. Saat dikonfirmasi penahanannya ini, Sukiman hanya berharap kasusnya cepat selesai.

"Makasih ya, mohon doanya mudah-mudahan cepat selesai," ujarnya sebelum masuk ke mobil tahanan, Kamis (1/8) petang. Menurut Jubir KPK Febri Diansyah, Sukiman ditahan untuk 20 hari pertama di Rutan Cabang KPK Kavling C1, Kuningan, Jakarta Selatan.

Dalam kasus ini, KPK juga menetapkan Plt Kepala PU Kabubapten Pegunungan Arfak Natan Pasomba sebagai tersangka, yang sudah ditahan terlebih dahulu. Penetapan keduanya merupakan pengembangan dari kasus OTT terhadap anggota Komisi XI DPR Amin Santono.

Sukiman telah dicegah bepergian ke luar negeri sejak Januari 2019. Penyidik menduga Sukiman menerima suap Rp 2,65 miliar dan 22 ribu dolar AS dari Natan. Rumahnya pun telah digeledah, bahkan KPK juga sudah melakukan rekonstruksi saat Sukiman menerima suap di rumahnya, Kompleks Perumahan Dinas DPR, Kalibata, Jakarta Selatan. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top