Suap Pengurusan DAK

KPK Gelar Rekonstruksi di Rumah Anggota DPR Sukiman

publicanews - berita politik & hukum
PUBLICANEWS, Jakarta - Siang ini tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan rekonstruksi kasus suap pengurusan dana perimbangan pada APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan rekontruksi dilakukan di sebuah rumah di Kompleks Perumahan DPR, Kalibata, Jakarta Selatan. Namun Febri tidak menyebut nama.

"‎Tim sedang melakukan kegiatan rekontruksi kasus dugaan suap terkait pengurusan dana perimbangan daerah untuk Kabupaten Pegunungan Arfak," ujar Febri saat dikonfirmasi, Senin (22/7).

Rekontruksi tersebut, ia menambahkan, dilakukan dalam rangka pemberkasan kasus dugaan suap dengan ‎tersangka Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pegunungan Arfak, Natan Pasomba. "Untuk mengkonfirmasi bukti-bukti yang sudah didapatkan agar mempertajam alat-alat bukti tersebut," katanya.

Dalam perkara ini KPK telah menetapkan dua tersangka, yakni anggota DPR Komisi XI Sukiman dan Natan Pasomba. Sukiman diduga menerima suap dari Natan sebesar Rp 2,65 miliar dan 22 ribu dollar Amerika Serikat melalui beberapa perantara. ‎

Suap diberikan untuk mengatur penetapan alokasi Dana Perimbangan Daerah pada APBN-P 2017 dan APBN 2018. Atas bantuan Sukiman itulah Kabupaten Arfak mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) pada APBN-P 2017 sebesar 49,915 miliar dan DAK 2018 sebesar Rp 79,9 miliar.‎

Kasus ini merupakan pengembangan operasi tangkap tangan (OTT) yang menjerat empat tersangka di kawasan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada 4 Mei 2018. Mereka adalah Amin Santono, Eka Kamaluddin, Yaya Purnomo, dan Ahmad Ghiast. Keempatnya telah divonis di Pengadilan Tipikor Jakarta.

KPK pernah menggeledah rumah Sukiman di Kalibata dalam pengembangan kasus korupsi Kasie Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman pada Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Yaya Purnomo. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top