OTT Jaksa

Kasie Orhada Kejati Jakarta Awaludin Mahfud Dipanggil KPK

publicanews - berita politik & hukumAsisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejati DKI, Agus Winoto (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Kepala Seksi Tindak Pidana Orang dan Harta Benda (Orhada) Kejaksaan Tinggi DKI Awalludin Mahfud diperiksa KPK sebagai saksi kasus dugaan suap penanganan perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Kasus ini menjerat Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejati DKI Agus Winoto (AGW).

"Saksi Awalludin Mahfud akan diminta keterangannya sebagai saksi untuk tersangka AGW," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin(15/7).

Febri tidak menjelaskan apa kaitan Awalludin dengan kasus ini atau Agus Winoto yang telah dicopot jabatannya karena tersangkut rasuah.

Dalam kasus ini ada tiga tersangka, yakni Agus, pengusaha Sendy Perico, dan pengacaranya Alfin Suherman. Ketiganya terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Kantor Kejati DKI, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain menetapkan tiga tersangka tersebut, KPK juga mencegah Sendy ke luar negeri bersama saksi Tjhun Tje Ming dan PNS Arih Wira Suranta. Nama terakhir ini adalah jaksa yang kerap menangani kasus-kasus penipuan di PN Jakarta Barat.

KPK Cekal Tiga Orang dalam Kasus Suap Aspidum Agus Winoto

Sendy adalah pengusaha yang sedang berperkara perdata di PN Jakbar. Ia melaporkan pihak lain yang menipu dan melarikan uang investasinya senilai Rp 11 Miliar. Sendy dan Alfin diam-diam menyiapkan uang suap untuk Jaksa agar memperberat tuntutan kepada terlapor.

Di tengah proses persidangan, Sendy dan terlapor berdamai, sehingga ia meminta jaksa merendahkan tuntutan tersebut. Ia dan Alfin kemudian menyerahkan uang suap Rp 200 juta kepada Agus Winoto lewat perantara Kasubsi Penuntutan Kejati DKI Jakarta Yadi Herdianto.

KPK menyerahkan penanganan Yadi dan Kasi Kamnegtibum TPUL Kejati Yuniar Sinar Pamungkas yang turut diamankan dalam OTT tersebut kepada Kejagung. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top