Terbukti Bikin Onar, Ratna Sarumapet Diganjar 2 Tahun Penjara

publicanews - berita politik & hukumRatna Sarumpaet melambaikan tangannya saat bersiap menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (11/7). (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Majelis hakim PN Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman 2 tahun penjara kepada aktivis Ratna Sarumpaet. Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum yang meminta terdakwa kabar bohong penganiayaannya itu selama 6 tahun.

Ketua Majelis Hakim Joni saat membacakan putusan, Kamis (11/7), menyatakan Ratna terbukti menyiarkan hoaks dan sengaja membuat keonaran.

"Menjatuhkan pidana terhadap Ratna Sarumpaet selama 2 tahun penjara, dikurangi selama menjalani tahanan," kata Joni.

Dalam amar putusannya, majelis hakim menyatakan Ratna menyebarkan hoaks dipukuli dua pria di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, pada Senin 24 September 2018.

Kegaduhan sengaja dilakukan dengan menyebarkan foto wajah lebam dan bengkak yang disebutkan bukti adanya penganiayaan. Penyebaran hoaks berupa foto wajahnya yang seolah babak belur, kepada antara lain, Rocky Gerung, Fadli Zon, Presiden KSPI Said Iqbal, dan ajudan Prabowo.

"Padahal wajahnya itu akibat dari operasi plastik di RS Bina Estetika, Jakarta Pusat," kata majelis hakim.

Ibu dari artis Atiqah Hasiholan ini terbukti telah melanggar Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. (feh)

Berita Terkait

Komentar(1)

Login
  1. Iis_osya @iis_osya12 Juli 2019 | 12:51:23

    Hukuman yg setimpal sesuai dg ulahnya. Selamat menjalani ya.

Back to Top