Suap Perkara Pengadilan

Dua Jaksa Kejati DKI Diamankan KPK

publicanews - berita politik & hukumKantor Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. (Foto: Kejari-jaksel.go.id)
PUBLICANEWS, Jakarta - Simpang siur diamankannya Jaksa dalam operasi senyap telah dikonfirmasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga antirasuah itu membenarkan penangkapan dua jaksa Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

Selain dua orang Jaksa, KPK turut mengamankan dua pengacara dan satu pihak swasta yang diduga sebagai pihak berperkara.

"Mereka saat ini sedang dalam proses pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif saat dikonfirmasi, Jumat (28/6).

Laode menjelaskan, telah terjadi dugaan praktik rasuah dalam penanganan perkara di Kejati DKI. Kelima orang ditangkap saat sedang melakukan transaksi.

Dari tangan kelima orang itu, Laode menambahkan, tim Satgas KPK mengamankan barang bukti uang tunai 21 ribu dolar Singapura. Jumlah tersebut kemungkinan bertambah.

"Proses perhitungan secara rinci sedang dilakukan," ujarnya.

Saat ini, kelima orang yang dicokok tengah menjalani pemeriksaan intensif di Gedung KPK. Lembaga antirasuah memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang ditangkap.

"Sebagaimana diatur di hukum acara pidana, maka KPK diberikan waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status pihak-pihak yang diamankan ini," kata Laode.

Salah satu jaksa yang diamankan kabarnya berinisial YP, ia pejabat setingkat Kepala Seksi. Belum ada penjelasan KPK soal kasus yang sedang ditangani oleh Jaksa YP. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top