Mendag Enggartiasto akan Dipanggil KPK Dalam Kasus Gula Rafinasi

publicanews - berita politik & hukumMenteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Emiten)
PUBLICANEWS, Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita akan dipanggil KPK untuk kasus gratifikasi pembahasan gula rafinasi dengan Komisi VI DPR . Kasus ini menjerat anggota DPR Bowo Sidik Pangarso.

"Sudah diagendakan dan suratnya sudah kami sampaikan untuk rencana pemeriksaan pada tanggal 2 Juli tahun 2019," ujar Jubir KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/6).

Saat ini penyidik tengah fokus mendalami Peraturan Menteri Perdagangan tentang gula kristal rafinasi. Perkara ini merupakan pengembangan kasus Bowo Sidik dalam suap kerja sama pengapalan pupuk PT Pupuk Indonesia Logistik.

Febri menjelaskan, ada bagian dari uang yang diterima oleh Bowo dengan proses pembahasan atau pengaturan atau proses lelang gula kristal rafinasi. "Itu yang perlu kami dalami dan perlu kami klarifikasi lebih lanjut," katanya.

Selain Enggar, KPK juga akan memanggil Panitia Pelelangan Gula Rafinasi Kemendag. Pemanggilan telah dilayangkan secara patut oleh Biro Hukum KPK.

"Jadi kami harap tanggal 2 Juli 2019 tersebut saksi bisa memenuhi panggilan penyidik dan memberikan keterangan yang dibutuhkan terkait dengan perkara ini," Febri menandaskan.

Bowo diketahui menerima gratifikasi total sebesar Rp 8 miliar lebih dari sejumlah pihak. Sebanyak Rp 2 miliar diantaranya, konon, didapat dari Menteri Enggar untuk 'mengamankan' Permendag tentang lelang gula rafinasi. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top