Pengapalan Pupuk

KPK Sinyalir Petinggi Humpuss Terlibat Suap

publicanews - berita politik & hukumKomisaris PT Humpuss Transportasi Kimia Theo Lekatompessy usai menjalani pemeriksaan di KPK, Kamis (16/5). (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mensinyalir ada keterlibatan petinggi PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) dalam kasus dugaan suap sewa menyewa kapal untuk distribusi pupuk.

Menurut Jubir KPK Febri Diansyah, beberapa hari ini KPK memanggil petinggi PT Humpuss untuk dimintai keterangan. Hari ini, misalnya, penyidik memeriksa Komisaris HTK Theo Lekatompess dan Manager Keuangan Mashud Masdjono sebagai saksi untuk Manajer Marketing Asty Winasti.

KPK menduga Asty tak bertindak sendiri atau pribadi dalam pemberian uang kepada anggota DPR Bowo Sidik Pangarso.

"Jadi poin yang kami telusuri, apakah tersangka Asty ini berbuat sendiri. Dari identifikasi awal, tidak mungkin berbuat sendiri dan tidak mungkin memberikan uang pada BSP," ujar Febri di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5).

Saat disinggung Theo Lekatompessy merupakan salah satu pihak yang diduga memerintahkan Asty menyuap Bowo, Febri menjawab secara diplomatis bahwa hal itu sudah masuk substansi penyidikan.

"Penyidik mendalami keterangan saksi terkait proses sewa menyewa kapal antara PT Pilog dan PT HTK, termasuk juga apakah ada instruksi dari koorporasi tersebut dan juga perbuatan dari tersangka diketahui atau tidak oleh pengurus korporasi," Febri menjelaskan.

Soal kemungkinan menjerat HTK sebagai tersangka koorporasi, Febri kembali menjawab hal tersebut masih terus didalami KPK. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top