Suap Putusan Perkara

KPK Tahan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi

publicanews - berita politik & hukumBupati Jepara Ahmad Marzuqi saat resmi ditahan setelah menjalani pemeriksaan kelimanya pada Senin (13/5) di Gedung KPK, Jakarta. (Foto: Publicanews/Hartati)
PUBLICANEWS, Jakarta - Usai menjalani pemeriksaan lima kali, akhirnya Bupati Jepara Ahmad Marzuqi ditahan KPK. Marzuqi adalah tersangka kasus dugaan suap terhadap hakim Lasito yang menangani kasus praperadilannya di Pengadilan Negeri Semarang.

Hakim Lasito sendiri telah lebih dahulu ditahan KPK, yakni pada 26 Maret 2019 lalu.

Saat keluar dari Gedung KPK, Jakarta Seatan, pukul 15.09 WIB, Marzuqi sudah mengenakan rompi tahanan dengan tangan diborgol. Sebelum masuk ke dalam mobil tahanan, Marzuqi mengatakan ia hanya mengikuti proses hukum.

"Ya kita sebagai warga negara yang taat akan peraturan perundang-undangan, ya kita mengikuti proses yang berlaku," ujar Marzuqi, Senin (13/5).

Ia menyatakan akan sabar menjalani proses hukum. Marzuqi mengibaratkan posisinya saat ini seperti apa yang pernah dialami Nabi Yusuf AS.

"Karena itu, doakan sajalah semoga kami menerimanya dengan tabah dan sabar. Wong Nabi Yusuf aja di hukum," ujar Marzuqi.

KPK Dalami Uang Suap Bupati Jepara untuk Hakim Lasito

Dalam risalah para nabi, Yusuf pernah dipenjara setelah difitnah melakukan hubungan tak pantas dengan Zulaikha.

Sementara itu Jubir KPK Febri Diansyah mengatakan, Marzuqi akan menjalani penahanan untuk 20 hari pertama di Rutan KPK cabang Guntur.

Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah sebelumnya menetapkan Marzuqi sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penggunaan dana bantuan partai politik untuk DPC PPP Kabupaten Jepara tahun 2011-2014.

Ia lalu mengajukan praperadilan pada 2017. Dalam proses sidang itulah KPK menduga Marzuqi menyuap Hakim Lasito sebesar Rp 700 juta. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top