Jual Beli Jabatan

KPK Panggil Karo Kepegawaian Kemenag Ahmadi

publicanews - berita politik & hukumBarang bukti suap dalam kasus jual beli jabatan di Kemenag ditunjukkan saat konfetrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, 16 Maret 2019. (Foto: Antara)
PUBLICANEWS, Jakarta - Penyidik KPK memanggil Karo Kepegawaian Kementerian Agama Ahmadi sebagai saksi perkara suap jual beli jabatan yang menyeret anggota DPR M Romahurmuziy (Rommy).

"Hari ini penyidik memeriksa satu orang saksi untuk tersangka RMY dalam kasus suap terkait dengan seleksi jabatan di lingkungan Kementerian Agama tahun 2018-2019," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (16/4).

Dalam kasus ini, KPK telah melakukan penggeledahan rumah anggota Dewan Pertimbangan TKN okowi-Ma'ruf Amin itu di Condet, Jakarta Timur, dan ruang kerja Ketua Umum PPP di Kantor DPP, kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

KPK juga menggeledah ruang kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekjen Nur Kholis, dan Kepala Biro Kepegawaian Ahmadi.

Dari ruang Lukman, penyidik menyita uang sebesar senilai Rp 600 juta dalam bentuk Rp 180 juta dan 30 ribu dolar AS. Sedangkan dari dua ruang kerja lain disita sejumlah dokumen terkait seleksi jabatan di Kemenag.

Rommy diduga menerima suap Rp 300 juta dari Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Agama Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi. KPK menduga Haris dan Muafaq memberikan suap kepada Rommy untuk membantu proses seleksi jabatan keduanya.

KPK juga menduga Rommy bekerja sama dengan pihak internal Kemenag dalam dugaan memperdagangkan jabatan di Kemenag. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top