Suap Dana Hibah KONI

Tiga Pejabat Kemenpora Segera Diadili

publicanews - berita politik & hukumDeputi IV Mulyana, satu dari tiga pejabat Kemenpora tersangka kasus dugaan dana hibah KOMI Pusat. (Foto: Publicanews/dok)
PUBLICANEWS, Jakarta - Tiga pejabat Kemenpora tersangka kasus dugaan suap dana hibah KONI segera menjalani sidang. Tersangka dan barang bukti telah diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum KPK.

"Penyidikan untuk 3 orang tersangka telah selesai. Hari ini dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti ke penuntutan (tahap 2)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui keterangan tertulisnya, Senin (15/4).

Ketiga tersangka tersebut adalah Deputi IV Mulyana, Pejabat Pembuat Komitmen Purnomo, dan staf Kemenpora Eko Triyanto.

Sejauh ini penyidik sudah memeriksa 20 saksi, para tersangka sendiri sudah menjalani pemeriksaan sebagai saksi maupun tersangka sekurangnya masing-masing sebanyak 2 kali.

"Rencana sidang akan dilakukan di Jakarta," ujar Febri.

Dalam kasus ini penyidik menduga ada akal-akalan, pengajuan dan penyaluran dana hibah sudah dirancang sejak awal. Sebelum proposal diajukan, diduga telah ada kesepakatan antara pihak Kemenpora dan KONI untuk mengalokasikan fee 19,13 persen dari total anggaran Rp 17,9 miliar, yakni Rp 3,4 miliar.

Selain ketiganya, KPK juga menetapkan dua pejabat KONI sebagai pihak pemberi suap. Mereka adalah Sekjen KONI Pusat Ending Fuad Hamidy dan Bendahara Umum Jhonny E Awuy. Keduanya tengah menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Mereka diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada 18 Desember 2018 malam di tiga lokasi di Jakarta. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top