KPK Periksa Silang Dua Tersangka Korupsi Proyek Jalan di Papua

publicanews - berita politik & hukumMantan Kepala Dinas PU Papua Mikael Kambuaya. (Foto: pasificpos.com)
PUBLICANEWS, Jakarta - Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Papua Mikael Kambuaya dan pengusaha David Manibui bakal saling dikonfrontasi oleh penyidik KPK. Keduanya adalah tersangka kasus dugaan korupsi dalam pembangunan jala Kemiri-Depapre di Kabupaten Jayapura.

"Yang bersangkutan (Mikael) akan diperiksa untuk tersangka DM (David Manibui), DM dimintai keterangan untuk Mikael," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (15/4).

David Manibui adalah pemegang saham mayoritas PT Bintuni Energi Persada (BEP), penggarap proyek jalan yang didanai dengan APBD Papua 2015. KPK menduga ada kerugian negara Rp 42 miliar dari total nilai proyek sebesar Rp 89,5 miliar.

Korupsi Jalan Papua Hambat Mobilitas Ekonomi Rakyat

Mikael pernah mengajukan praperadilan atas penetapannya sebagai tersangka oleh KPK. Namun hakim tunggal Made Sutrisna menolak gugatan tersebut pada 12 Desember 2017.

KPK menetapkan tersangka kepada Mikael pada 3 Februari 2017 setelah penyidik melakukan penggeledahan di sejumlah lokasi di Kantor Gubernur Papua. Mikael dijerat dengan pasal 2 ayat 1 dan atau pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tipikor jo pasal 55 ayat ke satu KUHP.

Sedangkan David Manibui disangkakan melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (han)

Berita Terkait

Komentar(0)

Login
    Tidak ada komentar pada artikel ini

Back to Top